Mount Fuji



Gunung Fuji (富士山 Fuji-san?, IPA: [ɸɯʥisaɴ]) adalah gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Fuji dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga oleh lima danau yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu dan Shoji.
Gunung Fuji adalah simbol Jepang yang terkenal dan sering digambarkan dalam karya seni dan foto-foto, serta dikunjungi pendaki gunung maupun wisatawan.
Gunung Fuji diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu. [1] Sebuah gunung berapi yang kini masih aktif walaupun memiliki kemungkinan letusan yang rendah, Fuji terakhir kali meletus pada tahun 1707. Terdapat lima danau di sekeliling Fuji, yaitu Danau Kawaguchi, Danau Yamanaka, Danau Sai, Danau Motosu dan Danau Shoji.
Sekitar 200.000 orang mendaki Gunung Fuji setiap tahunnya, 30% di antaranya orang asing. Tenggat waktu yang paling populer bagi para pendaki adalah dari 1 Juli hingga 27 Agustus. Pendakian bisa memakan waktu dari 3 hingga 7 jam sementara penurunan gunung mencapai sekitar 2 hingga 5 jam.



But you know what? Recently Mount Fuji was going to exploded again

Gunung Fuji Alami Peningkatan Aktivitas Usai Tertidur 300 Tahun


Peneliti Jepang melaporkan peningkatan aktivitas setelah tertidur lebih dari 300 tahun. Hal itu disebabkan adanya gempa 9,0 SR yang sempat mengguncang Wilayah Jepang pada 2011.


Komentar para ahli :
Para ahli vulkanologi Jepang meramalkan seandainya Gunung Fuji meletus seperti letusan terakhir sktr 30o tahun yang lalu (1707), kerugian material yang diakibatkan oleh letusannya bisa mencapai 21 Milyar US dollar!. Ini bisa difahami karena daerah sekitar gunung Fuji merupakan daerah pemukiman dan Tokyo termasuk kota yang dekat dengan Gunung Fuji.
Apabila melihata catatan sejarah letusannya, 2 kali sebelum tahun 1707 adalah tahun 1435 kemudian tahun 1511. Maka jarak antara tahun letusannya menjadi kurang lebih 100, 200 dan 300 tahun (kalau tahun2 ini meletus :d). Pada letusan tahun 1707 Gunung Fuji meletus dan menyemburkan material vulkanik tidak dari crater lama yang berada di puncaknya akan tetapi dari crater baru yang terbentuk di selatan agak ke timur, sehingga yang paling terkena dampak dari letusan pada saat ini kota yang berada sepanjang arah diantaranya Gotenba, Odawara, Yokohama dan Tokyo. Walaupun sebagian orang jepang merasa cemas kalau-kalau Gn Fuji ini meletus dalam waktu dekat, krn melihat siklus tahun meletusnya itu, Gunung Fuji tdk pernah sepi dari pengunjung. Gunung Fuji (3776 mdpl) merupakan salah satu tujuan mendaki gunung. Gn Fuji tidak pernah sepi dari para pendaki. Menurut catatan dari Yamanashi-ken, setiap tahun pendaki Gn Fuji tidak pernah kurang dari 200.000 orang! dan sepertiganya adalah orang asing…hebat!.
Sekitar tahun 2001 pernah ada isu bahwa Gunung Fuji akan meletus karena dideteksi ada gempa-gempa kecil dari bawah gunung Fuji. Akan tetapi belakangan dikatahui bahwa gempa frekuensi rendah itu berasal dari pengisian kantong magma Fuji oleh magma basaltik.

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete