Kisah Tanggal Tua Nan Mencekam Bagi Anak Kost - Share Tips Hemat Ala Anak Kost

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi

MatahariMall




Hallo, guys
 Tak terasa sekarang telah tanggal 1 ya, tanggal muda, hari buruh pula yah, untung harinya tepat hari minggu, jadi kita tidak harus ruwet saat memulai aktivitas. Iya basa - basi saya kaku ya. Oke skip.

Langsung saja, seperti judul diatas, tanggal - tanggal tua adalah saat dimana ketika melihat kalender dan menatap hari esok amatlah sulit bagi anak kost dan anak - anak perantauan yang hidup sendiri jauh dari sanak saudara. Walaupun sekarang tanggal satu pun, belum tentu kita semua bisa terbebas dari belenggu yang namanya bokek alias kantong tipis. Kebanyakkan problem yang terjadi adalah telatnya kiriman uang bulanan dari orang tua -bagi pelajar, dan telatnya kucuran dana gaji dari perusahaan - bagi karyawan seperti saya. Ya nasib.

Saya akan sedikit bercerita mengenai hari - hari saat saya menjalani tanggal tua saya. Cukup menyedihkan bila diingat. Makan jadi sekali sehari, shampo sabun habis dan terpaksa kasih kucuran air di dalamnya, sering cari info seminar di kampus demi dapat makanan gratis, saat make up habis ganti dengan tepung (yang ini bohong,guys :p), selalu jalan kaki walau bisa mencapai jarak 6-7 km demi hemat biaya (ini serius). Untuk yang makan sekali sehari, jangan ditiru ya, metabolisme kita nanti bisa keganggu.


Recehan...oh Recehan



Lantas bagaimana kita bertahan hidup untuk seminggu yang tidak jelas arah tujuannya ini?
Tenang saja, saya akan bagi - bagi tips untuk kita semua agar kita bisa menyongsong hari esok dengan tenang walau kantong semakin menipis. Check this out :




source : pinterest


1. Hitung Budget yang tersisa    
Pertama, sebelum kita melangkah lebih jauh, hitunglah dulu sisa budgetmu yang tersisa sampai tiba ke zona aman saat aliran dana baru mengucur. Sisakan paling tidak, minimal sekali 25% dari budget yang ada saat ini, untuk jaga - jaga keperluan yang tidak terduga. Ya klise memang, "but the future still left unclear" , setidaknya disaat darurat kita tetap punya persediaan. Setelah selesai, memilah dana yang dikhususkan untuk jaga - jaga, mari kita berhemat dengan sisa dana yang ada. Pergunakkan dengan baik dan bijak. langsung saja kita masuk ke tips hemat sesungguhnya.



source : pinterest

 2.  Nebeng teman
Untuk menghemat dana transportasi, kita bisa ikut bersama dengan teman. Kamu tidak punya teman untuk ditebengi? Duh kasian. Kalau jaraknya dekat, bisalah untuk jalan kaki, sekedar juga bisa bikin badan fit dan langsing yah. Kalau jaraknya jauh? Kamu perlu lupakan tips nomor dua ini, kecuali kamu mau nebeng sama truk atau kamu kenal dengan kondektur bis, tidak ada celah lain dalam menghemat dana transportasi. Tenang, saya masih menyimpan beberapa tips. Mari kita lanjut ke tips berikutnya.


source :pinterest

3. Masak bersama dengan penghuni kost lainnya.
Biasanya kalau kalian nge-kost, pasti ada penghuni yang lainnya juga kan. Bisa dicoba untuk menghemat dana konsumsi yang paling fundamental, kalian bisa join-an untuk digabungkan uangnya demi membeli kebutuhan makanan selama seminggu.  Aturlah sedemikian rupa, agar dana bisa cukup untuk konsumsi seminggu, boleh diselingi dengan makanan instan seperti mie, bubur dan yang lainnya. Tapi jangan banyak - banyak ya, walaupun sedang hemat, kita harus tetap memikirkan "intake" makanan yang masuk ke tubuh kita. Tidak mau kan kita jadi sakit di saat sedang berhemat lagi seperti sekarang? :(


source : pinterest

4. Selalu bawa air minum dan alat makan
Bawalah selalu air minum yang diisi pada tumbler atau botol kesayangan kalian , dan juga alat makan. Kenapa? Jaga - jaga saja, jika ada teman yang membutuhkan bantuan kita untuk menghabiskan makanan, atau siapa tau ada yang bagi - bagi makanan gratis.



source google
5. Seringlah berkunjung ke event dan acara tertentu yang gratis
Di tempat saya bermukim sekarang, yakni daerah Surakarta, sering sekali mengadakan event-event tertentu untuk menarik perhatian para wisatawan. Di beberapa event, ada yang mebagikan makanan secara cuma - cuma. Nah, kalian wajib update info event di lokasi kalian ya. Tidak hanya event saja, terkadang acara kajian dan seminar juga ada yang tidak dipungut biaya dan mereka selalu menyediakan konsumsi. Kurang ciamik apalagi coba, sudah dapat ilmu, dapat makan juga. Tapi kalian harus cepat, karena biasanya peminatnya sangat banyak, tidak cuma kalian saja yang ngiler dengan acara ini.

6 Perbanyak informasi mengenai produk yang diskon/Promo
Untuk yang tidak bisa menjalankan tips ketiga, karena di kost pun hidup sendiri, kalian bisa mensiasatinya dengan mencari promo - promo atau paket makanan apa saja yang sedang di diskon atau promo lainnya misalnya beli makanan 2 gratis 1, kalian bisa beli untuk dimakan nanti.

#KisahTanggalTuaku ShopCoupons X Mataharimall


Nah, untuk yang dituntut pekerjaan agar selalu tampil modis, seperti saya ini, tanggal tua ini amatlah menyusahkan. Zaman sekarang , dimana ya cari fashion yang modis dan trendy tapi harga tetap reasonable. Inilah saatnya, kita gunakkan kekuatan internet, salah satu platform marketplace online terbesar yakni MatahariMall mempunyai penawaran yang sangat sayang untuk dilewatkan. Promo yang ditawarkan pun sangat beragam dan bisa membantu kita saving cost, yang bisa diarahkan ke kebutuhan lain. Penasaran? langsung saja CEK DISINI

Nih seperti sobat kita Budi, yang juga men-share pengalaman kisah tanggal tuanya , silakan di-check videonya :
 

Budi sangat pintar kan dalam berhemat? haha. Budi saja tau mengenai info - info promo produk  yang ada di MatahariMall, masa kita kalah sih? so, jadilah seperti Budi yang cermat dan tetap hemat di kala tanggal tuanya.

Oke sekian dulu, tips - tips yang saya bagikan kali ini. Semoga kita senantiasa dilindungi dari jeratan keuangan tipis di saat tanggal tua, dan semoga kita tabah dan bisa bertahan dengan kondisi kita saat ini. Semangat ! Fighting! Yakin kalian pasti bisa melewatinya.





Regards,

Diana 



3 comments:

  1. Semoga bisa bener-bener jadi seperti budi :D bisa dapetin promo surprise hehe

    ReplyDelete
  2. nebeng temen sama masak bareng tuh seru ahahahah plus sedih juga siih :D kunjungi blog saya juga dong mbak :D My Sadness But I Learn a lot of it Terimakasih :D

    ReplyDelete
  3. sering2 masak bersama2 teman se-kost, bisa sedikit mengurangi pengeluaran ya...

    ReplyDelete