Saat Musim Panas, Waktunya Berkunjung ke NIKKO !




Hallo, 
Salam sejahtera untuk kita semua,

Tidak terasa, bulan April telah berlalu meninggalkan kita, dan kita songsong lembaran bulan Mei yang baru.
Bulan - bulan setelah April adalah bulan - bulan yang kental dengan suasana lembab, dan temperatur yang cukup tinggi. Yak betul, bulan Mei adalah pertanda di sebagian benua Asia masuk ke dalam fase musim panas.

Panas - panas gini, gak banget ya pergi ke luar rumah. Bisa gosong nanti. Pasti kalian berpikir seperti itu kan? Jangan salah , ada beberapa tempat dimana kita bisa menikmati musim panas dengan cuaca yang bersahabat dan destinasi wisata yang menarik.


H.I.S NIKKO JAPAN SUMMER TRIP BLOG COMPETITION
source : ascwfs



Salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi yakni Nikko, salah satu kota kecil di Jepang. Merasa asing mendengar namanya? Tenang kalian gak kudet kok, memang belum banyak yang tau mengenai keindahan kota Nikko ini, padahal kota Nikko ini sudah masuk ke World Heritage Site oleh UNESCO lho.  Wah, mendengar kata Heritage, pasti kota ini memiliki banyak situs sejarah, hahaha... ya memang, kota Nikko sendiri sepertinya memang dikhususkan untuk menikmati suasana travel Jepang yang tradisional dan kental akan nuansa tempo dulu. Baiklah , tidak perlu lama - lama mari kita bahas mengenai kota Nikko ini.




DIMANA SIH NIKKO?


H.I.S Blog Competition Nikko KawaiBeautyJapan
Source :JR East


Sebelum beranjak lebih jauh, kalian tentunya masih menerawang dimana sih Nikko itu? Wajar saja, sebagian besar orang jikalau ditanyai mengenai Jepang, pasti hanya tau Tokyo dan mungkin Osaka. Nah, kalau dilihat dari peta diatas Nikko terletak di perfektur Tochigi, jikalau diambil ancang - ancang dari Tokyo, Nikko berada di sebelah utara Tokyo. 
Udara di Nikko hampir sama dengan udara di daerah Hokkaido, walaupun lokasi Nikko sendiri lumayan dekat dengan Tokyo dan masih berada di wilayah pulau Honshu. Hal ini disebabkan karena daerah Nikko adalah daerah dataran tinggi, dengan ketinggian kurang lebih 1298m dpl. Ibarat kalau di daerah Solo, Nikko ini seperti di daerah Tawangmangu (balik ndeso lagi, haha). Makanya, saya rekomendasikan untuk wisata ke Nikko saat musim panas, karena musim panas di Nikko udaranya tetap sejuk, dan tidak perlu jauh - jauh ke Hokkaido jadi lebih hemat ongkos. Temperatur udara di Nikko saat musim panas biasanya berkisar antara 22°C - 24°C. Ah, surga musim panas yang sejuk



MENGAPA NIKKO?

Ya, ya...   Mengapa saya teramat sangat getol sekali ingin pergi dan merekomendasikan ke Nikko? Penasaran? Yuk mari langsung saja kita baca :

1. TERMASUK KE DALAM SITUS WARISAN DUNIA OLEH UNESCO

Bagi kalian yang masih belum ngeh, izinkan saya menggetok kepala menjelaskan kepada kalian sekali lagi mengenai kota Nikko yang ditetapkan jadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Kota Nikko yang sarat akan situs bersejarahnya telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Kok bisa? Ya bisa saja dong, karena kuil dan bangunan bersejarah yang ada di daerah Nikko telah dikenali UNESCO karena budaya di sekitar dan dekorasi masterpiece-nya yang masih terjaga ke"autentik"annya.


"Memang apa aja sih bangunan dan kuil di Nikko? Kok bisa masuk ke situs warisan dunia.  " 
 
 Welp, Jangan salah, keindahan kuil dan bangunan bersejarah dan budaya tradisional Jepang yang masih kental akan membuat kalian jatuh cinta, fufufufu  
Mari kita  geber dan jabarkan secara gamblang apa saja kuil - kuil yang telah membuat Nikko masuk sebagai salah satu situs warisan dunia.


KUIL TOSHOGU



source: Japan Future Center


Kuil Toshogu (東 照 宮, Toshogu) adalah tempat peristirahatan terakhir dari Tokugawa Ieyasu, pendiri Keshogunan Tokugawa yang memerintah Jepang selama lebih dari 250 tahun sampai 1868. Ieyasu diabadikan di Toshogu sebagai dewa Tosho Daigongen, "Dewa Besar Dewa dari Cahaya Timur yang Cemerlang ". Pada Awalnya makam relatif sederhana, Toshogu diperbesar ke kompleks yang spektakuler seperti yang dilihat hari ini oleh cucu Ieyasu yaitu Iemitsu pada paruh pertama tahun 1600-an.
Pemberitahuan Konstruksi: Beberapa bangunan kuil ini sedang direnovasi secara bertahap dari tahun 2007 sampai 2019. Pada tahap terakhir, yang berlangsung 2013-2019, Gerbang Yomeimon ditempatkan terpusat dan dua bangunan yang tidak begitu penting saat ini sedang direnovasi. Pintu gerbang ditutupi oleh perancah, tapi kuil dengan bangunan dan ukiran yang bagus masih layak dikunjungi.


source : Agung Kurniawan
 Gerbang Torii (Pintu masuk ke Kuil Shinto) ini juga masuk ke dalam situs warisan dunia, lho!

source : Agung Kurniawan
Whoops....Hayo kamu ngapain tuh sampe monyetnya malu? Haha






akarikago source: tripadvisor
Bangunan lentera batu atau akarikago setinggi dua meter, yang menjadi simbol dari para bangsawan “daimyo” berjejer di sepanjang jalan menuju kuil. Akarikago dapat dijumpai hampir di seluruh akses hingga pintu masuk kuil.



FUTARASAN JINJA SHRINE
Kuil ini bisa dibilang bertetangga dengan Kuil Toshogu karena hanya berjarak sekitar 10 menit jalan kaki saja dari kuil tersebut. Meskipun bertetangga, Kuil Futarasan ini memiliki gaya desain yang jauh lebih kalem dibandingkan dengan Kuil Toshogu dan mirip dengan kuil Shinto pada umumnya. Kuil ini dibangun dengan tujuan untuk memuja 3 gunung suci di Nikko, yaitu Gunung Nantai (Futarasan sendiri merupakan nama alternatif untuk Gunung Nantai), Gunung Nyoho dan Gunung Taro. 
Karena Gunung Nantai sejak dulu dianggap sebagai gunung suci, sudah sejak lama Kuil Futarasan ini menjadi kuil penting di area Shimotsuke (sekarang menjadi Prefektur Tochigi). Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu berada di Kuil Futarasan adalah sebuah jembatan suci bernama Jembatan Shinkuo yang lokasinya berjarak sekitar 1 kilometer dari kuil ini. (H.I.S Blog)

 
Shinkyo Bridge : Salah satu ikon utama dari kuil

KUIL RINNOJI
Kuil Rinnoji termasuk 15 komplek kuil Buddha yang didirikan pada tahun 766 oleh biksu Buddha, Shodo. Karena tempatnya yang agak terpencil, kuil ini seringkali dijadikan sebagai tempat mediasi atau istilahnya bertapa bagi biksu Buddha. Bangunan yang paling terkenal di komplek Kuil Rinnoji adalah Sanbutsudo ( Hall Tiga Buddha), bangunan ini memiliki patung Amida berdaun emas, Kannon dengan seribu tangan ( Senju-Kannon) dan Kannon dengan kepala Buddha ( Bato-Kannon). Selain bangun Sanbutsudo terdapat juga bangunan Shoyo-en dan rumah warisan Rinnoji.

Akses Transportasi : Toshogu dan kuil Nikko lainnya berlokasi 30-40 menit dengan berjalan kaki atau 10 menit dengan naik bis (310 yen sekali jalan, 500 yen seharian dapat menggunakan free pass) dari stasiun Tobu dan JR Nikko.  (Japan Guide)


2. SURGANYA WISATA MUSIM PANAS 


Wohoo, saya gak mengada - ngada ketika saya bilang Nikko adalah surga liburan musim panas. Seperti yang saya katakan di awal tadi, temperatur udara Nikko yang saat musim panas relatif sejuk membuat Nikko sangat nyaman dikunjungi di musim panas (di Indonesia musim panas alias kemarau suhu-nya menggila sih), dan untuk menambah ke-valid-an point nomor dua ini saya akan ungkapkan fakta mengejutkan lainnya.... ADA BANYAK AIR TERJUN DAN DANAU DI NIKKO! Wah Summer Sounds Good nih~ (malah nyanyi). Apa saja spot wisata nya? Jeng ... Jeng...Jeng



DANAU CHUZENJI




 Aduh .... rasanya lihat gambarnya saja sudah tidak bisa mampu berkata apa - apa lagi, benar - benar menggambarkan suasana kalem yang sejuk menenangkan, ya wajar aja sih soalnya danau ini letaknya di ketinggian 1236 meter di atas permukaan laut, gimana ga sejuk coba? haha. Beban dan masalah apapun rasanya langsung bisa hilang kalau ada disini (mulai lebay bahasanya)

Danau Chuzenji tercipta karena adanya erupsi Gunung Nantai yang telah terjadi 20 ribu tahun silam. Diperkirakan danau ini memiliki luas 25 kilometer dengan kedalaman mencapai 163 meter. Oh ya , kalian bisa sewa perahu atau boat untuk menikmati pemandangan yang indah lho, dan ada kereta gantungnya juga lewat diatas danau ini, namanya Akechidaira Ropeway, yang merupakan kererta gantung yang berada dataran tinggi Akechidaira yang letaknya dekat dengan Lembah Irohazaka . 

AIR TERUN KEGON

No..no..no, kita gak lagi di Grojogan Sewu, ini adalah air terjun Kegon, yang termasuk satu dari tiga air terjun yang tersohor di Jepang. Air terjun Kegon berada di Danau Chuzenji yang tadi saya sebutkan diawal. Penemunya adalah seorang biarawan bernama Shōdō Shōnin. Air terjun ini terbentuk setelah ada perubahan arah alur sungai Daiya akibat aliran lahar yang disebabkan letusan Gunung Nantai. Sejumlah air terjun yang lebih kecil terdapat di sisi kiri-kanan dan bagian belakang air terjun utama dengan air yang berasal dari celah batu-batuan. Wuih, terus apa hebatnya nih bisa sampai masuk ke destinasi wisata yang wajib dikunjungi? Karena dari atas air terjun, wisatawan bisa turun ke bagian bawah air terjun dengan menggunakan lift. Hahahaha, belum pernah kan kalian ke air terjun naik lift? Selain itu, kalau musim gugur tiba pemandangan sekitar air terjun juga menjadi warna - warni lho.



ADA JALANAN PERSIS SEPERTI DI SCENE INITIAL D
JAPAN H.I.S BLOG TRAVEL WIN COMPETITION

Kamu penggemar anime? kamu penggemar manga? Pasti tahu dong Initial D. Itu lho, manga/anime yang mengambil tema  Japanese street racing, dimana aksinya berkonsentrasikan dijalanan peggunungan mountain passes. Ada satu jalanan di Jepang yang mirip digunakan di scene Initial D (atau memang jalanan ini yang digunakan hehe), namanya IrohaZaka.
 
Win Summer Trip Holiday in Japan
source :amusing planet

Zaka sendiri memiliki arti lembah dan i-ro-ha sendiri seperti pengucapan alfabet aiueo dalam bahasa Jepang. Lembah Iroha adalah sebuah lembah yang berada di pegunungan Tochigi, dengan jumlah tikungan kurang lebih 48 tikungan dan ke setiap tikungan dilabeli dengan alfabet Jepang. Lembah Iroha sendiri juga memiliki sejarah, pasalnya dahulu jalanan ini adalah rute bagi umat Buddha yang ingin beribadah ke danau Chuzenji. Saat ini, sudah ada beberapa perubahan bentuk tikungan, namun kondisi dibuat masih sama seperti dahulu. Ketinggian lembah ini sekitar 1300 kaki atau 396 m dpl.

 
Kuis liburan gratis ke Jepang
source : amusingplanet





3. BANYAK ONSEN DAN TAMAN YANG INDAH 
Musim panas di Jepang, tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi onsen (pemandian air panas). Di Nikko ada dua onsen yang cukup terkenal, yakni Yumoto Onsen dan Kinugawa Onsen.
Lomba Blog Gratis Jepang
source :jalan2

Yumoto Onsen adalah sebuah sumber air panas yang berada di kota kecil yang terletak di Okinikko dan masih merupakan bagian dari Nikko National Park. Onsen ini memiliki sejarah yang panjang karena dibuka pada tahun ke-10 di era Heian (738). Letaknya paling ujung dan jauh dari Nikko stasiun, namun tak membuat turis enggan untuk singgah kesana. Selain karena pemandangannya yang ciamik, di sekitar onsen ini juga banyak ryokan (penginapan tradisional Jepang) yang megah dengan fasilitas yang memadai. 
  
Kinugawa Onsen adalah onsen yang terletak disepanjang aliran sungai Kinugawa yang ternyata artinya setan yang lagi marah , wuih serem juga tapi pemandangannya ga bikin serem kok, lihat saja diatas. Kinugawa onsen terletak dekat dengan taman yang akan kita bahas nih, yakni Edo Wonderland dan Tobu World Square. Yak, karena sudah ada pembukaan , langsung saja kita bahas taman - tamannnya.



EDO WONDERLAND NIKKO EDOMURA
source: H.I.S Blog

Nikko Edomura adalah sebuah theme park yang didesain agar menyerupai suasana Japan Tempoe Doloe, tepatnya disesuaikan dengan suasana zaman Edo (1603 – 1868). Banyak atraksi yang ditampilkan , salah satunya pertunjukkan samurai dan ada geisha juga. Kalian juga bisa menyewa kimono lho disini dan berdandan ala penduduk Japan Tempoe Doloe (seneng amat pakai bahasa ini). Ini adalah destinasi wajib bagi kamu yang mau merasakan kentalnya budaya tradisional Jepang! (dan yang mau bergaya bak live action movie Samurai X)


TOBU WORLD SQUARE
Kamu punya mimpi keliling dunia tapi apalah daya duit dari jaman orok sampai kerja gak cukup - cukup untuk memenuhi keinginan. Namun, saudaraku (kok mulai ganti panggilannya?) tak perlu risau, sebab di Nikko ada theme park  yang memuat semua miniature ikon - ikon negara di dunia. Cukup foto - foto disini, upload di instagram, cusss.. kamu bisa bikin iri semua followers kamu. 

By the way, jika kamu daritadi mengamati (soalnya beberapa dari kalian pasti sudah ada yang ngigau dan pikirannya terngiang - ngiang di Nikko),  destinasi wisata di Nikko rata - rata jaraknya berdekatan satu sama lain, hal ini tentunya menjadi nilai plus bagi kamu yang biasa backpacker-an, hemat biaya, hemat ongkos, badan jadi sehat karena hanya perlu jalan kaki. 



FESTIVAL MUSIM PANAS DI NIKKO 
Nikko sendiri selain memiliki daya tarik pada tempat - tempatnya juga memiliki segudang festival yang sayang untuk dilewatkan. Festival musim panas di Nikko pun beragam macam jenis atau atraksinya. Yuk, mari kita list dan saved the date!


Ryuou Festival
FESTIVAL NIKKO
 Dimana : Lembah Ryuou, Kinugawa dan Kawaji onsen
 Kapan : Jumat sampai Senin, minggu terakhir di bulan Juli. 


  

 Nikko Summer Fireworks
 
Dimana : Sungai Daiyagawa
KapanAwal Agustus 
 
Heike Taisai (Great Heike Festival)
 


Dimana : Heikenosato
Kapan : Sabtu dan Minggu di minggu pertama bulan Agustus

Takenoyoimatsuri (Bamboo Evening Festival)
 
Dimana : Yunishigawa onsen
Kapan : Bulan Juli 

Ashiomachi Noryosai (Summer Night Festival)
 
Dimana : Tempat parkir tambang tembaga Ashio
Kapan : Bulan Agustus
 
 
MAKANAN KHAS NIKKO
Gyoza



 
Wait, what? gyoza yang sudah melanglang buana, bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak dijajakan adalah makanan khas Nikko? Wah, kemana saja kita ya selama ini baru tahu asalnya. Pasti tahu dong gyoza itu makanan sejenis dumpling yang isiannya bisa diisi macam - macam, dan ada gyoza basah dan kering juga. Ah, jadi lapar saya... :(
 

Soba
Soba atau English-nya buckwheat noodles ini merupakan salah satu makanan khas kota Nikko. Soba khas Nikko sendiri sangat spesial karena terbuat dari kelihaian tangan masterpiece pembuat soba yang telah diakui. Dipadu dengan bahan gandum yang berkualitas tinggi serta diolah dengan air dari pegunungan Nikko yang terkenal sangat jernih, membuat cita rasa soba khas kota Nikko ini tidak ada tandingannya. Nikko sendiri dikenal sebagai "Kota Soba", dan setiap musim gugur pun ada festival soba. Saya juga suka soba,.. "soba ni iru yo~~" *ngedeprok ke pelukan orang* 
source : kawaiibeautyjapan & HIS


  

Nikko-yuba 

Nikko - yuba, yang mana arti yuba sendiri yakni kulit tahu merupakan salah satu makanan khas Nikko yang  terkenal. Cara penyajiannya bisa dijadikan raw alias mentah yakni dikupas kulitnya dan langsung disajikan, atau digoreng terlebih dahulu dan dijadikan makanan pendamping soba.

Yokan


Yokan ini adalah agar - agar khasnya Nikko nih, dibuat dari kacang azuki dan rasanya cukup manis. Biasa dijadikan souvenir kalau kita berkunjung ke kuil - kuil di Nikko.

Sake

 
Kalau tadi makanan, sekarang bahas minumannya juga ya. Nikko punya sake unggulan lho, salah satunya bernama Sake Homare. Sake Homare ini spesial karena tidak ada tambahan alkohol, terbuat dari air murni kualitas wahid yang berasal dari pegunungan di Nikko dengan campuran fermentasi beras lokal yang juga kualitas wahid.
AKSES/ TRANSPORTASI KE NIKKO?
  •  Kalau mau naik bis dari bandara ke Nikko bisa menggunakan highway bus (kosoku bus) seharga 4000 yen  lalu turun di Stasiun Utsunomiya dan lanjut naik JR Nikko Line untuk turun di stasiun Nikko
    source : japan - guide
  • Kalau mau ke Nikko, dari bandara naik kereta bisa dicapai dengan Tohoku Shinkasen (harga 5000 yen) dan Yamanote Line kalau mau naik kereta biasa. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah



source : JR East


Ketika sudah sampai ke Stasiun Nikko dan mau ke obyek wisata, bisa jalan kaki (kalau kuat dan emang niat backpacker-an) eits kalian pastinya tidak bisa jalan kaki kalau mau mengunjungi obyek wisata sekitar danau Chuzenji, karena naik bis pun menempuh waktu 50 menit, kapan sampainya kalian kalau mau jalan kaki? haha

Agar lebih murah kalian bisa beli 2-day pass tiket bis ke arah danau Chuzenji sekitar harga 2000 yen dan harga 3000 yen kalau mau lanjut sampai Yumoto onsen.
LOMBA BLOG KOMPETISI GRATIS KE JEPANG


Source : japan-guide


            Penampakkan Bis nya nih :



WISATA MUSIM PANAS NIKKO


source : japan- guide


Regards,


DIANA



All source :
http://www.study-go-japan.com/id/article/university/tochigi/toshogu-shrine
http://his-travel.co.id/jepang/wisata/tochigi
https://en.wikipedia.org/wiki/Rinn%C5%8D-ji
http://blog.his-travel.co.id/article/detail/wisata-sejarah-di-nikko-part-1
https://www.tripadvisor.co.id/LocationPhotoDirectLink-g298182-d1311878-i163925119-Nikko_Tosho_gu-Nikko_Tochigi_Prefecture_Kanto.html
http://travel.kompas.com/read/2014/10/18/103700727/Mengunjungi.Pusara.Dewa.Shogun.Tokugawa
http://id.japantravel.com/tochigi/danau-chuzenji-awal-musim-gugur/15554
http://www.japan-guide.com/e/e2358_002.html
http://nikko-travel.jp/english/event/



No comments:

Post a Comment